Powered by Blogger.

Contact online

PERAWATAN PC dan PERIPHERAL

Melakukan Perawatan Peripheral Melakukan Perawatan Peripheral -Untuk melakukan pembersihan komponen pada periferal harus melalui cara atau prosedure tertentu. -Prosedur yang diambil harus disesuakan dengan jenis periferal dan kotoran yang berada pada periferal tersebut. -Berikut langkah-langkah pembersihan komponen periferal:
a) Keyboard
Untuk membersihkannya keyboard harus di Prosedur membersihkan keyboard dari kotoran cair : -Gunakan lap kering atau tisu untuk membersihkan kotoran cair. buka terlebih dahulu, pada bagian dalam pada keyboard harus hati-hati dalam membersihkannya dikarenakan sangat rawan dengan goresan yang dapat mengakibatkan jalur menjadi putus. -Untuk tombol penghantar dibersihkan satu persatu pada bagian arang atau penghantarnya. -Untuk bagian konektor juga diperiksa terutama kabel, karena kabel sangat kecil dan kabel keyboard biasanya sangat mudah ke himpit baik meja maupun benda lain.
b. Membersihkan keyboard dari debu dan kotoran: Gunakan kuas kecil atau v acuum cleaner dengan ujung sikat yang kecil dan sempit. Sehingga debu atau kotoran dapat mudah tersedot.
b) Mouse Prosedur membersihkan mouse dari debu : -Gunakan lap dan cairan pembersih kotoran atau debu yang menempel pada bola maupun poros pada mouse. -Cairan pembersih digunakan jika kotoran atau debu yang menempel pada bola atau poros susah dihilangkan.
c) Monitor Prosedur membersihkan monitor : -Gunakan kuas kecil atau vacum cleaner dengan ujung sikat kecil untuk membersihkan debu. -Untuk membersihkan monitor dari kotoran cair yang menempel pada layar, gunakan cairan pembersih kemudian dilap dengan kain kering. Terutama pada bagian sudut dari layar.
d) Printer -Permasalahan pada printer sering diakibatkan oleh tinta yang tumpah dan debu yang menghambat pada roller pemutar kertas. -Untuk tinta yang menempel pada body atau case printer cukup dibersihkan dengan kain lembab. -Sedangkan untuk tinta yang meluap atau tumpah pada bagian dalam perlu digunakan tisu y ang lembut dan mudah meresap cairan. -Pada head print perlu kehati-hatian dalam mengusapkan tisu, jangan pernah menyentuh mata head dengan tangan karena akan membuat korosi pada mata head printer. -Prosedur perawatan printer :
a.Gunakan kain lembab untuk membersihkan printer. Jangan menggunakan cairan yang mudah terbakar seperti alkohol, bensin atau thinner. Bila cairan yang mudah terbakar berhubungan dengan komponen elektrik di dalam printer maka dapat mengakibatkan kebakaran atau hubung singkat. b.Selalu lepaskan printer dari stop kontak pada saat printer dibersihkan. c.Jangan meletakkan printer di tempat yang tidak stabil atau mudah terkena getaran atau goncangan. Printer dapat terjatuh dan mengalami kerusakan. d.Jangan meletakkan printer di tempat yang lembab atau berdebu, yang langsung terkena matahari atau dekat dengan sumber panas atau api. e) Korosi pada periferal komputer -Korosi pada komponen periferal komputer jarang sekali terjadi, umumnya hanya terjadi pada printer. -Dikarenakan bahan dari periferal komputer umumnya terbuat dari bahan anti korosi. -Sehingga untuk jenis korosi pada periferal komputer hanya berupa: korosi pada logam, biasanya terletak pada mat head atau konektor yang diakibatkan tersentuh oleh tangan yang berkeringat. -Korosi ini akan berakibat mengurangi daya hantar konektor sehingga dapat mengganggu periferal.

BY : MUHARAM YUSUF

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading

Sidebar One