Powered by Blogger.

Contact online

Tips Menghemat

     Bila kebutuhan pokok maupun sekunder tidak ada yang bisa dikurangi untuk menyisakan sebagian uang untuk ditabung, cek kembali! Ada lho tips menghemat uang dengan melakukan beberapa cara mudah berikut.
     Lebih sering memasak di rumah dan membawa bekal ke tempat beraktifitas. Memasak sendiri daripada membeli makanan di luar untuk dimakan di rumah, dan lebih bagus lagi justru bisa dijadikan bekal untuk dibawa, akan sangat menghemat uang Anda. Tidak perlu juga dilakukan selamanya. Hitung saja berapa kali dalam sebulan Anda harus membawa bekal untuk menghemat sejumlah uang, dan sisa hari lainnya boleh saja makan di luar dengan budget makan seperti biasanya. Buatlah daftar belanjaan sebelum berangkat belanja, dan belanjalah saat Anda terburu-buru.
      Catat semua barang yang memang Anda butuhkan dan harus beli, dan benar-benar stick to the list! Bila Anda hendak berbelanja untuk memasak, pastikan dulu Anda tahu apa yang akan Anda masak dan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan, jangan mencari inspirasi di swalayan, Jengs. Sebaiknya, berbelanja juga pada saat Anda terburu-buru dan tidak bisa terlalu lama ada di pusat perbelanjaan. Sesaat sebelum menjemput anak pulang sekolah, mungkin? Atau saat acara TV favorit Anda akan tayang sebentar lagi. Dengan waktu yang sempit dan jadwal belanjaan di tangan, mau tidak mau Anda tidak akan bisa menghabiskan waktu, dan uang, terlalu lama di tempat belanja. Lunasi hutang kredit dan hindari terlambat membayar tagihan apapun. Semakin lama Anda mengambil sebuah kredit dari perusahaan finansial manapun, berarti Anda membuang-buang uang sendiri dan memperkaya institusi yang sudah kaya.
     Berusahalah untuk fokus melunasi hutang Anda ataupun memperkecil bunga yang harus dibayar secepatnya. Biasakan pula untuk membayar tagihan lainnya seperti listrik, telepon, air dan lain-lain tepat waktu supaya tidak kena denda yang hanya akan merugikan diri sendiri. Lakukan servis berkala pada kendaraan Anda. Jangan sampai melewatkan jadwal mengganti oli. Periksa kondisi ban kendaraan Anda. Bersihkan secara teratur kendaraan Anda untuk menghindari kerusakan maupun karat.
     Hal-hal sederhana ini bisa memperpanjang usia kendaraan Anda, sehingga tidak perlu membeli kendaraan baru lagi selama beberapa waktu ke depan. Aturlah penggunaan listrik Anda. Jangan lupa, pada saat sedang tidak digunakan, cabutlah aliran listriknya. TV yang dicabut listriknya, misalnya, jauh lebih irit daripada sekedar dimatikan saja. Saat tidak berada dalam ruangan, matikan lampu dan matikan AC atau kipas angin. Apalagi tagihan listrik makin lama makin mahal. Ini harus benar-benar dilakukan, Jengs! Rencanakan liburan dari jauh hari. Liburan tetap perlu, ya! Terutama bila sehari-hari Anda merupakan orang yang super sibuk, dan jarang bertemu dengan orang-orang terkasih di rumah.
     Liburan adalah sarana relaksasi yang mujarab, dan akan mendekatkan diri dengan orang-orang terdekat yang jarang bertemu karena kesibukan. Memesan penerbangan maupun hotel dari jauh-jauh hari akan jauh lebih murah daripada memesan secara mendadak. Rencanakan sejak awal tahun untuk liburan tengah tahun, misalnya. Sisanya bisa dipakai buat bersenang-senang di tempat tujuan. Terakhir, yang juga penting, agak menjaga jarak dari teman-teman dengan gaya hidup boros.
     Bila Anda punya teman yang kerjanya membeli baju dan tas model terbaru, hingga gadget paling canggih dan mobil paling keren setiap saat, juga makan di luar setiap hari dan hanya bersenang-senang selalu, lebih baik jaga jarak saja, Jengs. Mereka mungkin sebenarnya adalah teman yang baik dan sama sekali ga bermaksud menyombong atau apapun, tapi berteman dengan orang yang demikian akan membawa Anda terbawa dengan gaya hidupnya, yang sama sekali tidak mampu untuk Anda penuhi sebetulnya! Gampang kan sebetulnya menghemat uang sehari-hari? Latihan, yuk!***

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading

Sidebar One